Artikel

Wilayah Desa

26 Agustus 2016 14:28:14  Administrator  3.606 Kali Dibaca 

Desa Selat adalah salah satu Desa dari Sembilan Desa yang ada di Kecamata Susut,dan secara Administratif  Desa Selat mempunyai batas-batas sebagai berikut ;

  1. Sebelah Utara                    :  Desa Pengiangan
  2. Sebelah Timur                   :  Desa Susut
  3. Sebelah Selatan                 :  Desa Petak, Kabupaten Gianyar
  4. Sebelah Barat                    :  Desa Tampaksiring, Kabupaten Gianyar

Secara tofografi Desa Selat terletak didaerah dataran tinggi dengan ketinggian 500 Mter diatas permukaan laut dengan luas wilayah 292 ha.Desa Selat merupakan daerah yang beriklim tropis  dimana hal tersebut bisa kita lihat dengan adanya curah hujan yang cukup sehingga semua jenis tanaman cocok untuk ditanam,dan curah hujan rata-rata 800 mm sehingga kelembaban udara tergolong sedang dengan suhu rata-rata 26 c  dan secara umum hal ini dipengaruhi oleh tofografi Kabupaten Bangli yang berada didaerah pegunungan.

Dilihat dari segi Pemanfaatan lahan diatas,Desa Selat lebih dominan masyarakat menanam padi dan Tanaman  perkebunan adalah ketela dan jagung serta dengan tersedianya lahan maka 90 % petani sebagai pemelihara ternak sapi dan babi.

Jika dilihat dari segi orbitasinya Desa Selat terletak  + 50 Km arah Utara dari Ibu Kota Propinsi Bali dengan waktu tempuh 1 jam perjalanan,Jarak dari Ibukota Kabupaten + 11 Km

dengan jarak tempuh 30 menit perjalanan, dan jarak dari Ibukota Kecamatan Susut + 5 Km dengan jarak tempuh 15 menit perjalanan.

Wilayah Desa Selat terdiri dari 3 Banjar Dinas yaitu :

  1.     Banjar Dinas Selat Peken
  2.     Banjar Dinas Selat Tengah
  3.     Banjar Dinas Selat Kajakauh

Dan jika dilihat dari aspek keagamaan Desa Selat terdiri dari Satu Desa Adat/Pekraman yaitu Desa Pekraman Selat,dan tiga Banjar Adat.

Dan masing-masing Banjar Adat memiliki Pura Khayangan  masing-masing dan jumlah Pura diketiga Banjar Adat ada 18 buah pura dan yang menjadi simbul pemersatu di Desa Selat yaitu Puseh Baleagung yang diemong oleh ketiga Banjar Adat  yang sekaligus sebagai simbul kekuatan Desa Adat Selat yang selalu bisa bersatu dengan menjunjung rasa persatuan dan kesatuan.

Bila ditinjau dari aspek Adat dibidang Pertanian khususnya Persawahan di Desa Selat ada 3 subak tempek dan 1 subak induk yaitu Subak Selat selaku Subak Gede  dan sebagai pengemong Pura Puseh Baleagung, Masceti Selat. Puseh Baleagung, Masceti Selat.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Back Next

Agenda

Belum ada agenda

Perpustakaan Desa

Facebook Desa Selat

Peta Desa

Video Desa

Sinergi Program

Prodeskel Pajak Online

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:119
    Kemarin:124
    Total Pengunjung:89.927
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.208.132.74
    Browser:Tidak ditemukan

Arsip Artikel

HUBUNGI KAMI

Hubungi Kami

Hubungi Kami