Artikel

LOMBA HATINYA PKK TINGKAT PROVINSI

16 Maret 2020 09:11:41  Administrator  178 Kali Dibaca  Berita Desa

Selasa, 10 Maret 2020. Kader penyuluh HATINYA PKK Desa Selat mewakili lomba Tingkat Provinsi. HATINYA PKK  merupakan singkatan dari Halaman, Asri, Teratur, Indah dan Nyaman bersama PKK. Melalui Hatinya PKK diharapkan masyarakat dapat secara sadar untuk mengelola pekarangan atau halaman rumahnya agar asri, teratur sehingga terlihat indah dan menciptakan kenyamanan bagi penghuninya.

Sesuwai konsep Adat di Bali yaitu  Tri Mandala  yang artinya Tiga Tempat suci yaitu : Uttama Mandala yaitu tempat Suci (Sanggah/Merajan) yang cocok di tanami Bunga-bungaan untuk Sarana persembahyangan, Madhyama Mandala yaitu tempat pekarangan rumah yang cocok di tanami apotik hidup seperti cabe, tomat, terong dll,  Kanistama Mandala yaitu tempat halaman di belakang rumah yang cocok ditanami seperti pisang, umbi-umbian dll.

Dan juga sesuai visi misi Gubernur Bali Nangun Sat Kerthi Loka Bali yang artinya Menjaga Kesucian dan Keharmonisan Alam Bali.   Demikian disampaikan ketua Tim Penggerak (TP)  Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Desa Selat, Kecamatan Susut, Kabupaten Bangli,  pada saat Lomba (HATINYA PKK) di tingkat Provinsi yang berlokasi di Art Center.

Ni Wayan Rasmiati juga mengatakan pemanfaatan pekarangan dengan tanaman, diantaranya Kebun Gizi Keluarga dengan Buah dan Sayur, Apotik Hidup dengan Tanaman Obat Tradisional, Warung Hidup dengan aneka bumbu dan rempah serta Tanaman pelindung/Tanaman Keras.”Penataan Halaman juga diperhatikan dengan menata sarana Pembuangan limbah rumah tangga, sehingga tidak terdapat genangan di halaman rumah yang dapat menjadi sumber penularan penyakit. Serta penataan halaman dengan aneka tanaman hias, agar menimbulkan kesan ASRI pada rumah tersebut, dan memelihara kebersihan, keindahan serta kenyamanan lingkungan,”katanya.

Didampingi Ketua TP PKK Kabupaten, Ketua TP PKK Kecamatan Susut dan jajaran PKK Desa Selat,”Intinya bagaimana pemanfaatan pekarangan rumah dengan sebaik-baiknya. Tapi yang perlu diperhatikan atau diutamakan adalah lumbung hidup, yakni tanaman singkong, talas, jagung atau ubi yang mengandung karbohidrat, dan adanya unsur protein seperti adanya kolam ikan atau beternak,” ujarnya.

Ada sedikit kelegaan khususnya jajaran TP PKK Desa dan TP PKK Kecamatan Susut, sebab saat berlangsunganya penilaian semua unsur/katagori sudah masuk dalam kreteria penilaian. Semoga hasil maksimal dapat kita raih dalam lomba HATINYA PKK tahun ini."

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Back Next

Agenda

Belum ada agenda

Perpustakaan Desa

Facebook Desa Selat

Peta Desa

Video Desa

Sinergi Program

Prodeskel Pajak Online

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:117
    Kemarin:124
    Total Pengunjung:89.925
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.208.132.74
    Browser:Tidak ditemukan

HUBUNGI KAMI

Hubungi Kami

Hubungi Kami