Artikel

PELATIHAN KELAS IBU HAMIL

05 Maret 2021 13:47:15  Administrator  82 Kali Dibaca  Berita Desa

Jumat, 05 Maret 2021 Pelatihan ini di bukak oleh perbekel Desa Selat dan di dampingi Bidan Puskesmas pembantu Desa Selat pelatihan ini berlangsung selama 3 hari yang bertempat di Balai Pertemuan Desa Selat, Kecamatan Susut, Kabupaten Bangli.

Dalam sambutan Perbekel menjelaskan tentang kelas ibu hamil merupakan kelompok belajar ibu-ibu hamil dengan umur kehamilan antara 4 minggu sampai dengan 36 minggu (menjelang persalinan). Tujuan kelas ibu hamil adalah meningkatkan pengetahuan, merubah sikap dan perilaku ibu agar memahami tentang kehamilan, perubahan tubuh dan keluhan selama kehamilan, perawatan kehamilan, persalinan, perawatan nifas, KB pasca persalinan, perawatan bayi baru lahir, dan tidak juga mengurangi mitos / kepercayaan / adat istiadat setempat, penyakit menular seksual dan akte kelahiran.  juga mengajak dan menghimbau untuk tetap menerapkan protocol kesehatan yaitu mencuci tangan se sering mungkin, memakai masker, menghidari kerumunan, dan jaga jarak apalagi ibu hamil sangat rentan dengan virus covid-19  saat ini.

Bidan puskesmas pembantu dewa Ayu Parwati juga menjelaskan Pertemuan pertama mengenai kehamilan, perubahan tubuh dan keluhan yang membahas tentang apa kehamilan itu, perubahan tubuh ibu selama kehamilan, keluhan umum saat hamil dan cara mengatasinya (kram kaki, wasir dan nyeri pinggang), apa saja yang perlu dilakukan ibu hamil dan pengaturan gizi termasuk pemberian tablet tambah darah untuk penanggulangan anemia saat priksa kehamilan di puskesmas pembantu.

Materi berikut pada pertemuan pertama mengenai perawatan kehamilan yang membahas kesiapan psikologis menghadapi kehamilan, hubungan suami istri selama kehamilan, obat yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi ibu hamil, tanda-tanda bahaya kehamilan dan perencanaan persalinan dan pencegahan komplikasi (P4K). juga menghimbau kepada semua  peserta pelatihan untuk memakai masker jaga jarak dan cuci tangan biar terhindar dari pandemi saat ini “tegasnya”. Setelah pemaparan materi di penghujung acara di lanjutkan dengan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) kepada masing-masing peserta pelatihan.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Back Next

Agenda

Belum ada agenda

Perpustakaan Desa

Facebook Desa Selat

Peta Desa

Video Desa

Sinergi Program

Prodeskel Pajak Online

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:129
    Kemarin:111
    Total Pengunjung:75.955
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.206.14.36
    Browser:Tidak ditemukan

HUBUNGI KAMI

Hubungi Kami

Hubungi Kami